081931400927 sptik@unpas.ac.id

Web Hosting

Peraturan Layanan hosting

Peraturan hosting merupakan peraturan yang harus dilaksanakan oleh pengguna layanan hosting di Universitas Pasundan. Aturan ini dapat mengalami revisi apabila dalam pelaksanaannya atau dalam pengembangan sistem terdapat perubahan.

  • Definisi

    1. Pengguna
      adalah pihak yang mendapatkan layanan hosting. Pengguna yang diijinkan adalah Mahasiswa, Pegawai, Organisasi resmi serta Kegiatan Insidental di Universitas Pasundan.
    2. Pengelola
      adalah lembaga yang bertanggung jawab atas pengelolaan layanan hosting di Universitas Pasundan. Pengelola yang dimaksud adalah Satuan Pengelola Teknologi Informasi dan Komunikai (SPTIK).
    3. Penanggung Jawab Administratif
      adalah pimpinan organisasi/kegiatan pihak pengguna layanan hosting. Untuk organisasi kemahasiswaan, penanggung jawabnya adalah pimpinan lembaga yang membawahi organisasi tersebut. Untuk kegiatan insidental, penanggung jawabnya adalah pimpinan lembaga yang membawahi kepanitiaan kegiatan tersebut.
    4. Penanggung Jawab Teknis
      Orang yang bertanggung jawab secara teknis atas hosting yang bersangkutan dan sebagai kontak teknis yang akan dihubungi oleh pengelola apabila ada pemberitahuan maupun masalah yang berhubungan dengan teknis. Penanggung jawab teknis merupakan orang yang ditunjuk oleh penanggung jawab administratif untuk mengelola dan memelihara layanan hosting.
  • Aturan­-aturan layanan Hosting
    1. Persetujuan
      1. Pihak pengguna setuju terhadap fitur-­fitur yang disediakan.
      2. Dukungan teknis untuk pengguna diberikan selama jam dan hari kerja lewat email, telpon ataupun kunjungan dari pihak pengguna.
    2. Ketentuan Umum
      1. Pihak SPTIK menyediakan layanan hosting secara gratis kepada pengguna dalam lingkungan Universitas Pasundan.
      2. Pemberian nama domain harus mewakili nama pengguna yang bersangkutan dan atas persetujuan SPTIK.
      3. Masa berlaku layanan hosting :­
        • untuk lembaga resmi bersifat permanen,.
        • untuk lembaga insidental (kepanitiaan, dll) tergantung dari kesepakatan dan persetujuan pihak SPTIK.
        • ­untuk pegawai, staf, dan dosen bersifat permanen untuk mahasiswa, selama mahasiswa aktif.
      4. Penamaan dan pengelolaan domain sepenuhnya menjadi wewenang penanggungjawab administratif.
      5. Dalam pengoperasian sehari­-hari, “penanggung jawab administratif” diwakili oleh “penanggung jawab teknis”.
      6. Pengelola tidak bertanggung­jawab atas perselisihan internal yang mungkin akan terjadi atas wewenang pengelolaan domain yang didelegasikan. Hingga pimpinan organisasi menentukan lain, pengelola menganggap sah, keterangan dari pendaftaran pertama kali.
      7. Pengelola tidak bertanggung jawab dan tidak berperan selain dari pencatatan atas pendelegasian nama dari domain yang diminta.
      8. Jika terjadi “dispute” atau perselisihan, maka penggunaan domain dibekukan sampai masalah dapat terselesaikan.
      9. Pihak pengguna layanan hosting mendapatkan dukungan secara teknis dari SPTIK.
      10. Pihak SPTIK berhak penuh untuk melakukan tindakan yang perlu, seperti mencabut, membekukan, dan lain­lain, atas domain yang telah didelegasikan apabila penanggung jawab administratif maupun teknis tidak mematuhi aturan aturan yang telah ditetapkan.
    3. Privasi dan Hak Pribadi pengguna
      1. Pemilik domain mempunyai hak penuh untuk menggunakan layanan dengan memperhatikan aturan dan prosedur yang berlaku.
      2. Segala sesuatu yang menyangkut data pihak pengguna tidak akan dipublikasikan oleh SPTIK ke pihak manapun baik organisasi maupun perorangan.
    4. Kewajiban Pengguna
      Mentaati peraturan dan ketentuan yang berlaku di UNPAS. Hal hal yang belum ditetapkan diatas akan ditetapkan di lain waktu. Perubahan peraturan/ketetapan akan diberitahukan melalui alamat email atau pengumuman lainnya.
    5. Keamanan terhadap password
      1. Pihak pengguna bertanggung jawab atas kerahasiaan username dan password yang dipegang.
      2. Pihak SPTIK tidak bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang terjadi pada username dan password pengguna, termasuk didalamnya apabila diketahui oleh pihak yang tidak memiliki hak sebagai pengguna.
      3. Pihak pengguna disarankan untuk memilih password yang mengacu kepada faktor keamanan dan menggantinya setiap periode tertentu dengan aplikasi yang telah disediakan.
      4. Apabila pengguna lupa password , penanggung jawab administratif maupun pejabat teknis bisa menghubungi pihak SPTIK.
    6. Tanggung jawab atas data hosting
      1. Pihak SPTIK tidak menyediakan bantuan untuk masalah teknis yang menyangkut isi dari direktori pengguna termasuk didalamnya melakukan perbaikan atas program.
      2. Pihak SPTIK tidak bertanggung jawab atas rusak/hilang nya data pihak pengguna secara disengaja atau tidak sengaja yang disebabkan oleh pihak manapun.
      3. Pihak SPTIK tidak menyediakan backup untuk semua data pengguna yang disimpan di web server, kecuali hosting untuk unit kerja disediakan backup.
      4. Pihak SPTIK mempunyai kewenangan untuk memantau dan memonitor isi file dengan alasan yang kuat dan jelas.
    7. Batasan isi hosting
      1. Tidak ada batasan isi terhadap semua file pengguna selama materi tidak mengandung sara, unsur pornografi dan pelanggaran terhadap hak cipta.
      2. Tidak digunakan untuk tujuan kriminal (hacking, phising).
      3. Mengikuti standar yang diberlakukan untuk website di UNPAS.
      4. Pihak pengguna bertanggung jawab secara hukum sepenuhnya terhadap isi/materi file yang disimpan.
      5. Pihak SPTIK tidak bertanggung jawab atas akibat akibat yang timbul yang disebabkan oleh isi/materi file milik pihak pengguna.
  • Larangan Pengguna Hosting
    1. Menggunakan server SPTIK untuk kegiatan yang bertentangan dengan hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia atau hukum yang ditetapkan di wilayah hukum tempat tinggal pengguna. SPTIK tidak bertanggung jawab atas isi hosting, pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas isi hosting.
    2. Menyimpan file atau content yang secara langsung atau tidak langsung mengandung file:
        ­

      • Mp3 files atau sejenis
      • Hackers dan Phreaking programs or archives Pirated software Warez Sites Ilegal content atau yang melanggar copyright / hak cipta
    3. Menggunakan server SPTIK untuk ADULT hosting.
    4. Mencoba merusak, mencoba mengganti data dan sistem yang berada di SPTIK yang bukan merupakan hak dari pengguna bersangkutan, atau melakukan hal­hal yang bisa dikategorikan merugikan sistem milik SPTIK.
    5. Mencoba merusak,mencoba mengganti data dan sistem server milik pihak ketiga melalui server SPTIK.
  • Pelanggaran Aturan
    1. Memberi peringatan keras sebanyak 1 (satu) kali kepada pemilik hosting melalui email/telp kepada penanggung jawab administratif maupun teknis dalam batas waktu 2 x 24 jam.
    2. Apabila peringatan diabaikan, SPTIK akan memberhentikan layanan secara sepihak terhadap pengguna sampai pihak pengguna menghubungi pihak SPTIK.
    3. Selama pemberhentian layanan, data yang ada di server tidak hilang.
  • Penggunaan kapasitas penyimpanan
    1. Kapasitas yang disediakan untuk hosting adalah 1 GB. Permintaan untuk penambahan space dapat kami layani dengan mengajukan alasan yang bisa diterima oleh SPTIK.
    2. Proses upload data untuk hosting tidak akan diproses apabila kapastias space sudah melebihi batas maksimum..
    3. Besar kapasitas penyimpanan yang sudah digunakan dapat dipantau dari fasilitas yang disediakan oleh pengelola melewati aplikasi webmail atau cpanel.
  • Pembatalan account
    Pelanggaran ketentuan dan aturan diatas dapat mengakitbatkan pembatalan account oleh pihak SPTIK tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Tata cara pengajuan hosting

  1. Mempunyai web developer yang bertanggung jawab dalam membangun website tersebut.
  2. Website yang akan dihosting sudah dibangun
  3. Mengunduh Form Permohonan Hosting.
  4. Mengisi form secara lengkap dan jelas serta membaca halaman Terms and Conditions yang tertulis pada form tersebut. Dengan menandatangani form pendaftaran hosting berarti sudah menyetujui Terms and Conditions yang berlaku.
  5. Melampirkan surat permohonan dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Untuk kegiatan kemahasiswaan, organisasi mahasiswa seperti himpunan mahasiswa, BEM, FEMA, dll surat permohonan diketahui oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan atau Dekan Fakultas masing-masing.
    • Untuk program studi, laboratorium, fakultas, dsb surat permohonan diketahui oleh Dekan Fakultas masing-masing di mana pada surat tersebut Dekan menyatakan bahwa Anda adalah penanggungjawab dari domain dan hosting yang diajukan.
    • Untuk lembaga, divisi, satuan dan unit pelaksana teknis di lingkungan Rektorat Unpas, surat permohonan diketahui oleh Ketua/Pimpinan terkait.
    • Mencantumkan dengan jelas nama, jabatan, nomor kontak serta alamat email penanggungjawab domain yang diajukan. Alamat email penanggungjawab wajib menggunakan alamat email Unpas.
    • Untuk acara/event tahunan, mohon tidak menggunakan tahun pada alamat domain yang diajukan. Contoh: pilrek.unpas.ac.id, bukan pilrek2015.unpas.ac.id.
  6. Melampirkan screen shoot website dan spesifikasi website yang dibuat. Spesifikasi memcantumkan informasi antara lain : platform aplikasi, plug in, dst.
  7. Mengirimkan form pengajuan, surat permohonan yang sudah discan serta screen shoot website dan spesifikasi website ke alamat: sptik[at]unpas.ac.id.
  8. Apabila pembuatan hosting sudah selesai, informasi data client hosting akan disampaikan melalui alamat email penanggungjawab hosting.
  9. Informasi dan keterangan lebih lanjut dapat dilihat di laman FAQ atau menghubungi email sptik[at]unpas.ac.id.

Penambahan Space Hosting

  1. Penanggungjawab domain mengirimkan permohonan melalui email ( sptik@ugm.ac.id )
  2. Petugas layanan akan memeriksa space hosting yang diajukan tambahan kuotanya tersebut ( syarat pengajuan penambahan kuota, 80% kuota sudah terpakai ). Apabila kuota sudah mencapai 80%, kuota akan langsung ditambahkan. Tetapi jika kurang dari 80%, penambahan kuota akan ditunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *